Cukup 10 Menit Hilangkan Stres

Mungkin semua orang, saya ataupun Anda pernah mengalaminya. Stres biasanya dialami saat-saat dimana menumpuknya pekerjaan kantor atau sedang dikejar deadline. Tak menutup kemungkinan masalah pribadi menjadi salah satu penyebabnya. Nah, kalau masalah pekerjaan dan masalah pribadi menyatu dengan suksesnya tentu sangat repot bukan? Berikut beberapa tips yang patut dicoba untuk mengatasinya.

  1. Saat stress, otot-otot kita menegang, jadi yang perlu kita lakukan melemaskan kembali otot-otot tersebut dengan cara relaksasi.
  2. Tekniknya cukup sederhana. Perlambatlah ritme nafas. Tarik nafas dalam-dalam. Gunakan rongga perut, bukan dada untuk menyimpan udara. Embuskan perlahan-lahan. Lakukan pernafasan sambil melakukan gerakan:*) Mengangkat bahu. Angkat kedua bahu sampai sejajar dengan telinga. Tariklah bahu ke belakang. Bayangkan kedua bahu saling menyentuh. Lalu turunkan bahu. Ulangi gerakan ini beberapa kali. Sesuaikan waktu gerakan dengan pernafasan yang dalam.*) Mengembangkan dada. Berdirilah dengan kedua lengan berada di samping Anda. Angkat kedua lengan dan bernafaslah dalam-dalam. Tanpa menurunkan kedua lengan, tariklah dan keluarkan nafas pelan-pelan sebanyak yang Anda bisa. Ulangi latihan ini sekurang-kurangnya tiga kali. *) Memutar leher. Turunkan dagu ke dada dan putarlah kepala searah jarum jam, satu lingkaran, sampai kepala berada pada posisi awal. Lalu putarlah kepala dengan arah berlawanan dengan jarum jam. Sesuaikan gerakan ini dengan pernafasan yang dalam. Lakukan beberapa kali.Lakukan tips ini sampai Anda benar-benar merasa rileks kembali. Mungkin 10 menit sudah cukup bagi Anda untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan siap kembali melanjutkan aktifitas.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama